Bikin Film Bareng dengan Bapak Ensadi (Dosen IKJ)

Minggu, 10 Maret 2019 lalu, anak-anak ekskul film SMP Muhammadiyah 35 (Cinema35) yang terdiri dari Salman Al-Kautsar, Ricky Rafael, Olivia Rachel Salsabilla, Rahma Putri Hadiyanti, Iqwana Fauziah, dan Celia Puti Samudro pagi-pagi sekali sudah berkumpul di sekolah untuk menjalani proses shooting film pendek yang set lokasinya terletak di sebuah toko kue Stelete Cake Jakarta Pusat.

Dengan didampingi Pembina Ekskul Cinema, Pak Jaenudin, mereka berangkat ke lokasi suting. Sesampainya di lokasi, Oliv, Rahma, Zyah, dan Celia sebagai pemeran utama di film pendek tersebut langsung dimake-up oleh make-up artis professional, yang menghabiskan waktu hampir dua jam untuk memaksimalkan penampilan mereka di depan kamera. Sementara menunggu proses make-up selesai, Salman dan Ricky membantu menyiapkan set lokasi dan peralatan syuting yang scene awalnya mengambil tempat di sebuah kedai kopi.

Film pendek kali ini berjudul Jujur atau Kabur?? yang mengisahkan empat orang remaja yang bimbang saat mereka membeli kue dan ternyata pesanan kue yang diberikan jauh lebih banyak. Apakah mereka tergoda untuk menerima begitu saja atau mengembalikannya ke toko, serta apa konsekuensi yang akan mereka tanggung dari pilihan yang diambilnya?.

Film pendek tersebut digarap oleh Day4Night Film Course dibawah bimbingan Bapak Ensadi J. Santoso (dosen IKJ) dengan melibatkan anak-anak ekskul film Cinema35 baik sebagai pemeran maupun sebagai kru film.

“Ternyata bikin film itu seru, asyik dan menyenangkan” ujar Ricky Rafael, siswa kelas 7 SMP Muhammadiyah 35 yang dalam produski film pendek ini sebagai clapperboy.

Begitu pula dengan Salman, siswa kelas 7 ini pun mengaku banyak hal-hal baru yang dia pelajari dari praktik langsung sebagai kru film yang digarap secara professional.

Pak Jaenudin, Pembina ekskul film Cinema35 sekaligus sutradara yang menggarap film ini menjelaskan bahwa keterlibatan anak-anak ekskul film Cinema35 dalam penggarapan film pendek ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran secara langsung di lokasi shooting film yang digarap secara professional, sekaligus juga sebagai pengaplikasian atas apa yang sudah dipelajari di ekskul film Cinema35. “Yang jelas nanti anak-anak SMP Muhammadiyah 35 yang ikut dalam ekskul film Cinema35 akan mendapatkan pengetahuan dan keahlian untuk bisa membuat film, di antaranya mereka akan bisa menulis cerita (write), merekam (shot), mengedit (edit) dan menyutradarai (direct) film mereka sendiri.” Ujar Pak Jay.

Maka bagi kamu yang minat di dunia film, baik sebagai penulis skenario, kameramen, editor, maupun sutradara, jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri masuk di SMP Cinema, SMP Muhammadiyah 35 Jakarta.