“SAVE OUR EARTH”

SMP Muhammadiyah 35 Jakarta sangat mendukung penuh tentang “stop penggunaan sampah palstik sekali pakai” dengan kegiatan melukis dengan menggunakan media tote bag. Salah satu alternatif pengganti kantong plastik adalah tas berjenis tote bag yang terbuat dari kain, kanvas, atau plastik. Tas jenis ini dapat dilipat dan disimpan, dan digunakan kembali. 

Tote bag juga lebih kuat ketimbang kantong plastik dalam mengangkut barang belanjaan. Beragam tote bag dengan aneka corak banyak tersedia dengan harga murah, tinggal dipilih sesuai selera.

Penggunaan plastik yang berlebihan menjadikan manusia sebagai perusak utama lingkungan. Kerusakan lingkungan yang terjadi membuat bumi menjadi tempat tinggal yang sudah tidak nyaman lagi akibat menumpuknya limbah plastik. Tidak heran, jika pemerintah menggalakkan berbagai rencana untuk menanggulangi limbah plastik.

Plastik merupakan bahan yang sulit terurai di tanah, tidak seperti sampah lainnya. Untuk mendaur ulang plastik membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan biaya produksi, sehingga hal ini menjadi alasan kenapa lebih banyak plastik yang diproduksi daripada yang didaur ulang. Saat terurai, partikel-partikel plastik akan mencemari tanah dan air tanah. Selain itu, ketika dibakar, sampah plastik akan menghasilkan asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan dan  jika proses pembakarannya tidak sempurna, maka plastik akan mengurai di udara sebagai dioksin. Senyawa ini sangat berbahaya bila terhirup manusia, buruknya dapat memicu kanker, hepatitis, pembengkakan hati, gangguan sistem saraf, hingga depresi.